Monday, January 10, 2011

2011R #01: Zucchini Bread

Description:
Ini bagian dari resolusi 2011 saya, my personal challenge, untuk membuat 40 jenis makanan/masakan yang berbeda selama satu tahun.

Karena ini yang pertama, saya mau buat yang mudah dulu. Tantangan buat saya, selama ini taunya zucchini ini ya buat sayur... belum pernah coba bikin kue dengan zucchini sebagai bahan utama. Cara membuatnya sih, gampang banget.. cara oblok oblok kalao istilah saya, semua bahan dicampur jadi satu pakai whisk atau spatula, seperti membuat muffin.

Resepnya saya ambil dari sini:
http://www.foodnetwork.com/recipes-and-cooking/top-recipes-of-2010/pictures/page-7.html

Hasilnya? Enaaaksss... apalagi kalau dimakan panas-panas, ditemani secangkir kopi pahit... yummmi...

#01: Zucchini Bread

Ingredients:
3 1/4 cups all-purpose flour
1 1/2 teaspoons salt
1 teaspoon ground nutmeg (saya gak pakai, gak punya)
2 teaspoons baking soda
1 teaspoon ground cinnamon
3 cups sugar (saya pakai 2 cup, pas manisnya buat saya)
1 cup vegetable oil
4 eggs, beaten
1/3 cup water (saya pakai susu UHT)
2 cups grated zucchini
1 teaspoon lemon juice (saya tidak pakai)
1 cup chopped walnuts or pecans (saya pakai almond buat taburan saja)

Directions:
Preheat oven to 350 degrees F.
In a large bowl, combine flour, salt, nutmeg, baking soda, cinnamon & sugar.
In a separate bowl, combine oil, eggs, water, zucchini and lemon juice.
Mix wet ingredients into dry, add nuts and fold in.
Bake in 2 standard loaf pans, sprayed with nonstick spray, for 1 hour, or until a tester comes out clean.
Alternately, bake in 5 mini loaf pans for about 45 minutes.

Kalau ada yang perlu terjemahan, kabarin yaaa :))

34 comments:

  1. terjemahin sekalian aja kenapa mbaaa... :)))

    ReplyDelete
  2. iiih.. hari gini.. udah pada pinter bahasa enggrisnya.. :))

    ReplyDelete
  3. Terjemahin napa mba? Btw 1 cup bsa gram?

    ReplyDelete
  4. kalo disayur, rasanya hambar seperti terong atau oyong :)

    ReplyDelete
  5. bisa, tapi ini kan pake cup measurement.. lebih simple, gak perlu timbangan...

    terjemahan nanti ya... cari kamus dulu.. wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  6. enaaakkkk....aku dong dikasih seloyang *sombong bianget*

    ReplyDelete
  7. @ ari: mau berapa loyang? Hehehe
    @ kathy: sekarang bikin lah, udah ada resepnya :))

    ReplyDelete
  8. Makasih resepnya Ning. Aku kadang beli courgette (zucchini), tapi cuma untuk dimasak aja, bukan dibuat kue.

    Mau tanya dong, standard loaf pan itu ukuran berapa ya Ning? Makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  9. @ mba sri: ukuran 20X10 cm
    @ mba ani: yg bikin resep namanya Paula Deen :)

    ReplyDelete
  10. seikhlasnya ningnong aja deh *nyengir*

    kog gue gak bakat ngebaking yah hiks...

    ReplyDelete
  11. Hiks, jadi kangen baking suka2.

    Ning kirimi foto kita bertiga (wth nico) dwong! Hehehe

    ReplyDelete
  12. udah niat juga mau nyoba juga bikin zucchini bread...alternatif roti sehat :D

    ReplyDelete
  13. klo seikhlasnya gue berarti gue nganter kue ini sekalian ketemu elo.. hihihi

    ReplyDelete
  14. hahaha sekarang bakingnya tergantung customer ya.. apalagi klo customernya bawel2 seperti rombongan sirkusku kemarin... hihihi minta dikemplang pake wajan Nico...

    Foto belum didownload.. nanti ya...

    ReplyDelete
  15. iya teh.. apalagi klo minyaknya diganti minyak canola yah... terus tepungnya dimix dengan oatmeal.. hmmm terbayang enak dan sehatnya..

    ReplyDelete
  16. jiiaaah blom pernah bikin zucchini kaya gini.. jadi pengen nyoba.. cup gitu bisa pake cangkir teh ya..

    ReplyDelete
  17. punya cups kaya gitu, tapi ini ukuran yang mana? cup yang paling besar?

    ReplyDelete
  18. ada tulisan di tiap gagangnya.. seperti 1 cup, 1/2 cup, dst...

    ReplyDelete
  19. tanya ya, apa beda baking soda, ovalet, tbm apa sebangsanya itu? ku seringnya malah pake ovalet walupun dibilangnya baking soda.. :D hasilnya sih ga ngaruh deh ya?

    ReplyDelete
  20. TOP !! .... good luck semoga resolusinya tercapai .....:)

    ReplyDelete
  21. baking soda & emulsifier (merknya ada ovalet, tbm, sp, starkies, dll) beda fungsi utama walaupun sama2 mengembangkan...

    kabarnya sih, keduanya tidak bisa saling menggantikan :)

    ReplyDelete
  22. amin.. hihihi *sedang berpikir keras, mau bikin apa wiken ini*

    ReplyDelete
  23. masa sih? ku malah kebiasaan pake tbm gapapa tuh.. tetep ngembang.. makanya suka bingung ini boleh pake apa aja tetep ngembang.. soale kalu ada baking soda suka dipake buat cuci gelas yang keruh hihihi.. habis gitu saja..

    ReplyDelete
  24. hehehe iya emang gapapa, tetep ngembang aja...
    pemakaian baking soda tergantung jenis bahan yang dipakai.. soal asam/basa/netral gitu deh.. lieurr... hehehe

    klo bikin sponge cake biasa mah cukup pake emulsifer ajah... tapi klo bikin banana cake, carrot cake, baru deh pake baking soda...

    ReplyDelete
  25. Oh... resepnya si nenek cantik ya Ning :p Yumm......

    ReplyDelete
  26. aku da pernah bikin, kutambah carrot juga, bener2 ngenyangin ya say. Top deh PR da dibuwat.

    ReplyDelete
  27. enak ya.. apalagi kalo pake creamcheese frosting.. yuum!!

    ReplyDelete
  28. Zucchini itu sendiri apa Mbak?
    Hihihi, polos bener yak nanyanya, bener2 gak tau Siy :-D

    ReplyDelete
  29. zuchini itu masih satu keluarga dengan labu.... bentuk dan rupanya mirip timun jepang...

    ReplyDelete