Monday, October 29, 2007

MFM#8: BUBUR HIJAU JAGUNG


Description:
MFM#8 yang dihost oleh Yu Haley (http://haleygiri.multiply.com) kali ini mengambil tema jagung... kebetulan juga gigi lagi cenut-cenut habis ganti karet (sekarang pakai warna 'gold' lho.... cling!). Biasanya, kalau gigi lagi cenut-cenut aku cuma makan bubur...bubur ayam, bubur sumsum, pokoknya bubur lah...

Nah, kali ini... jodoh banget waktunya! Gigi cenut-cenut dan batas waktu pengumpulan MFM#8 yang hampir berakhir. Jadinya aku bikin, bubur hijau jagung, variasi bubur sumsum yang diwarnai hijau (pakai daun suji & pandan) plus jagung manis.

Hasilnya? enak...dan gak bikin gigiku tambah menderita hahahha tambah lagi..kameraku sedang agak bersahabat.

Resepnya dari PRIMARASA (Bubur Gurih & Legit), aku modifikasi sedikit lah... :))

Ingredients:
Bahan Bubur:
400 gr jagung manis pipilan (aku pakai 1 kaleng Whole Kernel Corn ~ 438 gr)
500 ml air untuk merebus jagung (gak pakai, jagung kaleng sudang matang)
125 gr tepung beras
25 gr tepung kanji
500 ml air
100 ml air daun suji & pandan (aku ganti air + 3 sdm pasta pandan)
750 ml santan (aku pakai santan instan yang diencerkan)
1 sdt garam

Bahan Kuah (masak sampai mendidih)
300 ml santan (aku pakai santan instan yang diencerkan)
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam
200 gr gula merah, sisir
200 ml air


Directions:
- Larutkan tepung beras dan tepung kanji dalam air, aduk, masukkan air daun pandan/suji. Sisihkan.
- Jerang panci berisi santan & garam sambil diaduk-diaduk sampai mendidih
- Masukkan larutan tepung hijau ke dalam santan rebus sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat hingga licin.
- Masukkan jagung pipilan, aduk rata dan adonan bubur mendidih. Angkat.
- Hidangkan bubur dengan kuahnya

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

36 comments:

  1. Waduh. Mengundang sekale nih, Ning! Kapan2 bikin aaaaaaaaaaaa....
    Thx, Jeng!

    ReplyDelete
  2. Ehm..kayaknya enak nih...adem di mulut dan leher (yang lehernya lagi panas banget tercekat hiks)

    ReplyDelete
  3. wah makanan baru nih tfs ning....

    ReplyDelete
  4. Bubur....padahal dari kemaren gw pengen bubur yang uenak....di Surabaya sampai sekarang belom nemu nih...dimana tempat beli bubur yang passs di lidah...huh....!...Kalo gini mending minta mbak nining aja dueh...hehehe, boleh duonk!

    ReplyDelete
  5. cegluk... hmm jagung manis capur santan.... enak pastinya.... ku copy resepnya ya mbak... :) thanks

    ReplyDelete
  6. wah...keren nih bubur jagung pandan...

    ReplyDelete
  7. Gak percaya ...
    Kirim ke Duri dulu dunk, baru gw bisa angkat empat jempols :-D

    ReplyDelete
  8. cleguk...belum sempat sarapan di suguhi bubur cantik!

    ReplyDelete
  9. enak nih mbak...buat sarapan juga ok..tukeran ama bolkus jagungku yuk mbak..*D

    ReplyDelete
  10. Mirip bubur pacar nich ... pasti enak :)

    ReplyDelete
  11. terakhir makan ini dah lama banget..........wuuehh jadi pengen.

    ReplyDelete
  12. Cakep buburnya.. warna hijau dan kuning.

    ReplyDelete
  13. iya cakep.. warna nya...... terkesan sweety...... enak kaliya kl di mkn pagi2 gini???

    ReplyDelete
  14. bisa untuk bayi juga ya tante Nining? hmmm

    ReplyDelete
  15. oohhh mirip bubur sumsum ya ? dimasukiinnya cairan tepungnya setelah santan mendidih ya ....*manggut-manggut*

    ReplyDelete
  16. Mbak Nining, enak banget nih...kayak bubur sumsum tapi dicemplungin jagung manis yach...jadi pingin bikin...TFS yach...

    ReplyDelete
  17. hmm..rasanya gurih2 manis seger gitu yah pastinya.. hehehe

    ReplyDelete
  18. Ninggg.... njaluuuuuuukkk... urung sarapan kiiii....
    *cleguk*

    ReplyDelete
  19. Ning, pengen nonton kawat emasmu...
    wakakakaka...

    ReplyDelete
  20. bubur sumsum yg hjau itu ya mbak..???

    ReplyDelete
  21. aku mau banget kalo disuruh nyicipin :)

    ReplyDelete
  22. Ciee......kupikir jadi posting chiffon jagung, ternyata....kreatif banget bo......

    ReplyDelete
  23. duh...dingin2 begini enaknya disuguhin ini *glek*

    ReplyDelete
  24. Bener...ikutan ah...mau juga..:))

    ReplyDelete
  25. Idea anda ada juga, saya belum bikin PR, masih mikir ini.

    ReplyDelete
  26. hihihihi..mangkok nya lutuuuu... warna bubur juga bikin kontras..seru mbaa..pasti ueeenaaak yaa.. aku emang doyan makan bubur.. ga pandang bubur apa ajah..heheheh..

    ReplyDelete
  27. Asyik..aku dah ikutan nyoba bikin,gampang dan yummy...!! Thanks yach jeng buat bagi2 resepnya...!

    ReplyDelete
  28. glekk.... enyaakkk... palagi musim ujan nih asoy banget makan bubur anget. btw biasanya aku tambahin blenderan jagung manis ke adonan buburnya biar makin legit.

    ReplyDelete
  29. mbak ning...santan instan yg diencerinnya seberapa banyak sih...untuk setiap keperluan santannya....sori abis udah nyoba kok kayaknya gagal nih rasanya apa aku santan instannya kedikitan yah...he...he ..thank you untuk infonya....

    ReplyDelete
  30. klo pakai santan kara yang kecil, 250 ml + air 500 ml
    itu jadinya masih cukup kental

    ReplyDelete
  31. mbak ning...perbandingan antara santan instan yg di pakai dengan yg dibutuhkan bagaimana sih....soale aku dah coba bikin tapi kok kayaknya gagal rasanya ....apa aku kedikitan santannya yah....emang sih waktu aku bikin agak encer santannya.....thank you utk infonya yah...

    ReplyDelete
  32. mbak ning,,,,thank you utk reply nya....lagi online yah mbak...

    ReplyDelete
  33. mbak aku tanya mengenai masakan yang lain boleh ngak mbak...maklum masih amatir nih baru aja nikah n ngak pernah masuk dapur......jadi semua masakan serba gagal rasanya n dibuang deh ujung2nya.....lihat resep yg lain bingung....tapi lihat punya mbak ning cepet, ringkas... n hasilnya mak nyos...he...

    ReplyDelete
  34. boleeeeh....
    YM aja, idku: moncer2005

    ReplyDelete
  35. ym apa sih mbak....sori...banyak gak taunya nih...

    ReplyDelete